Tips Menghadapi Orang yang Suka Berargumen Hal Tak Berdasar

Tips Menghadapi Orang yang Suka Berargumen Hal Tak Berdasar

Tips Menghadapi Orang yang Suka Berargumen Hal Tak Berdasar – Setiap manusia memiliki karakter yang berbeda-beda dan unik antara satu dengan yang lainnya. Di dalam buku Pendidikan Karakter Perspektif Islam dikatakan bahwa karakter adalah berasal dari bahasa Latin “kharakter”, “kharessein”, “kharax” sedangkan dalam bahasa Inggris “character” dan bahasa Indonesia “karakter” yang berarti membuat tajam.

Sementara menurut psikologi  karakter adalah sebuah sistem keyakinan dan kebiasaan yang mengarahkan pada suatu tindakan seorang individu. Karena itu, jika pengetahuan mengenai karakter seseorang itu dapat diketahui, maka dapat diketahui pula bagaimana individu tersebut akan bersikap untuk kondisi-kondisi tertentu. Menghadapi seseorang yang berargumen tanpa memerhatikan fakta sebenarnya memang sungguh menyebalkan.

Pasti kamu memiliki teman yang cenderung kolot dan suka mengajak berdebat, kan? Orang semacam itu memang susah untuk diubah sebab mereka tidak bisa menghilangkan idn poker mobile pemikiran konservatif. Jika menghadapi orang seperti itu, apa yang kamu lakukan? Sebenarnya ada beberapa macam cara yang sangat ampuh agar kamu tidak merasakan makan hati dan bisa terlepas dari mereka.

1. Jangan terlalu terpancing untuk berdebat dengannya
5 Tips Hadapi Orang yang Suka Mengeluarkan Argumen Tak Berdasar

Ketika dia mengajak berdebat, coba deh untuk tidak terlalu terbawa suasana. Ingatlah bahwa dia adalah orang kolot dan tidak akan mau mengalah.

Berdebat dengan orang semacam itu terkadang hanya akan membuatmu makan hati. Apalagi semua argumen tak berdasar yang dikeluarkan dari mulutnya, terkadang kamu hanya perlu diam saja tanpa menyanggahnya sebab hal itu sia-sia.

2. Berhentilah memaksanya untuk mengakui kebenaran yang ada
5 Tips Hadapi Orang yang Suka Mengeluarkan Argumen Tak Berdasar

Hal lain yang harus dilakukan ketika berdebat dengan orang semacam itu, adalah dengan tidak terlalu memaksanya untuk mengakui kebenaran. Maksudnya di sini adalah janganlah kamu memaksanya karena hal tersebut tidak akan pernah berhasil. Nantinya yang terjadi malah kamu akan bertengkar dan hal tersebut tentunya sungguh merugikan.

Jika bertemu dengan orang semacam itu, diam saja deh dan jangan terlalu menggubris apa saja yang dia katakan. Tetapi jika ingin tetap berdebat dengannya, kamu hanya akan merasa lelah tanpa disertai keuntungan apapaun. Jangan menghabiskan waktu dan energimu untuk menanggapi orang semacam itu.

3. Berikanlah penjelasan yang jelas terkait sanggahanmu
5 Tips Hadapi Orang yang Suka Mengeluarkan Argumen Tak Berdasar

Terkadang ketika menghadapi seseorang yang kolot, hatimu pasti akan terdorong untuk membenarkan semuanya. Hal tersebut sebenarnya bisa saja dilakukan jika kamu memberikan penjelasan yanh benar-benar clear. Maksudnya di sini adalah kamu harus memiliki trik khusus agar dia mau menerima sanggahanmu.

Salah satu caranya adalah dengan bersikap tegas dalam berargumen. Hal itu dilakukan agar dia bisa segan terhadap ketegasanmu. Selain tegas, kamu juga harus bisa meringkas penjelasan dengan bahasa yang mudah dia mengerti. Namun kamu juga butuh kesabaran ekstra sebab orang semacam itu sangat sulit untuk disanggah.

4. Tunjukkan data yang valid terkait sanggahanmu kepadanya
5 Tips Hadapi Orang yang Suka Mengeluarkan Argumen Tak Berdasar

Menanggapi seseorang yang suka berargumen tak berdasar sebenarnya susah-susah gampang. Orang tersebut biasanya cenderung melihat suatu hal hanya dari satu sisi.

Dengan adanya hal itu, kamu bisa banget menunjukkan data-data yang benar-benar valid agar sikap konservatifnya bisa runtuh. Hal itu pasti sangat efektif untuk menyadarkan orang-orang kolot yang susah untuk disanggah.

5. Jika masih kolot, cobalah untuk menjauh darinya
5 Tips Hadapi Orang yang Suka Mengeluarkan Argumen Tak Berdasar

Namun setelah semua hal sudah dilakukan tetap hasilnya nihil, kamu hanya perlu menjauhinya. Orang semacam itu memang sangat susah untuk dijadikan teman sebab dia cenderung bersikap egosentris. Dia cenderung memikirkan dirinya sendiri tanps memerhatikan bagaimana perasaan orang lain.

Tidak perlu ragu untuk meninggalkan orang semacam itu sebab kamu berhak hidup tenang. Lagipula setiap orang memang perlu bersikap selektif dalam mencari teman, kok! Oleh karena itu, mulai sekarang langsung menjauh aja deh, sebab dia hanya akan membuatmu makan hati.

Seseorang yang sering mengeluarkan argumen tak berdasar biasanya tidak cenderung ingin menang sendiri. Sikap semacam itu terkadang bisa membuat makan hati, sehingga kamu perlu memiliki kesabaran yang tinggi untuk menghadapinya.

Jadi, karakter adalah nilai-nilai yang khas, baik watak, akhlak atau kepribadian seseorang yang terbentuk dari hasil internalisasi berbagai kebijakan yang diyakini dan dipergunakan sebagai cara pandang, berpikir, bersikap, berucap dan bertingkah laku dalam kehidupan sehari-hari.

Dari karakter yang ada pada diri manusida, terdapat nilai-nilai karakter berdasarkan budaya dan bangsa seperti religious, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat atau komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab.